Cara Mengubah Flashdisk Menjadi RAM - Blognye Anak Balai
Headlines News :

Vocal Musician

Home » » Cara Mengubah Flashdisk Menjadi RAM

Cara Mengubah Flashdisk Menjadi RAM

Written By Muhamadnurfitra Kurniwan on Kamis, 25 April 2013 | 01.12

Cara Mengubah Flashdisk Menjadi RAM

Cara Mengubah Flashdisk Menjadi RAM


بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
Assalamuala’alaikum wr. wb.


Random Access Memory (RAM) adalah  memori internal yang berfungsi untuk menyimpan berbagai data dan instruksi-instruksi program yang bersifat sementara atau semi permanen. RAM juga termasuk bagian terpenting pada sebuah PC/Laptop. RAM menetukan kemampuan sebuah PC/Laptop. RAM memiliki berbagai kapasitas/ukuran, ada yang 1GB,2GB dan 4GB. 
Masalahnya terkadang  RAM yang dicolotkan dalam PC/Laptop cobt berkapasitas kecil sehingga membuat kinerja PC/Laptop cobt menjadi lambat. Tapi Don’t Worry, RAM masih bisa di Upgrade atau ditambah kapasitasnya, banyak orang mengantisipasi hal tersebut dengan meng-upgrade RAM, tentunya bukan masalah besar bagi mereka yang memiliki kantong tebal.
Tapi sebagian kalangan seperti mahasiswa, masalah harga juga menjadi pertimbangan yang perlu diperhatikan karena harga untuk meng-upgrad RAM bukanlah harga yang murah dan sesuai dengan kantongnya. Nah…!!! Sekali lagi Don’t Worry karena Blog Si Taufik akan kasih tau solusinya yaitu dengan Cara Mengubah Flashdisk Menjadi RAM.
Langkah-langkah untuk Mengubah Flashdisk Menjadi RAM :
1. Siapkan Flashdisk dengan kapasitas berapa saja.
2. Colotkan Flashdisk ke Port USB , disini perlu di INGAT…! Port yang di colotkan flasdisk ini adalah port yang khusus hanya di gunakan untuk flashdisk yang akan di ubah menjadi RAM,  JANGAN di per-guna-kan selain untuk FLASHDISK tsb.
3. Buka Windows Explore > Rename Flasdisk menjadi RAM Driver.
4.  Kemudia buka My Computer > Properties >Advanced system settings
5. Maka akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini, Klik pada Tab Advanced > Setting
6. Selanjutnya akan tampil halaman sbb,  Klik Change
 
7. Kemudia akan tampil halaman seperti gambar dibawah ini. Pada halaman ini hilangkan terlebih dahulu tanda Centang kemudian pilih Driver  H:  RAM DRIVER ini merupakan Flashdisk anda yang akan anda ubah menjadi RAM, selanjutnya pilih Costum size isi pada kolom Initial size (MB) perlu di ingat anda harus memberi ruang bebas pada Flashdisk tersebut sebesar 5MB, sebagai contohnya pada percobaan ini saya menggunakan Flashdisk berkapasitas 4GB maka angka yang harus saya masukkan ke kolom Initial size (MB) adalah 4019, karena 4GB=4096MB maka 4096MB-5MB=4091MB. Jika anda menggunakan Flashdisk 2GB ( 2GB=2048 ) maka 2048-5MB=2043MB jadi angka yang harus anda masukkan adalah 2043.
Terakhir klik “Set”  lalu “Ok” . Jika ada di minta untuk Restart maka segera Restart PC/Laptop anda
8. Setelah semua langkah telah selesai, PC/Laptop anda sudah bisa di colotkan Flashdisk sebagai RAM. 
9. Catatan yang harus di ingat…!
* Flashdisk yang sudah di ubah menjadi RAM tersebut tidak boleh digunakan untuk keperluan lain selain untuk RAM. Tapi jika sewaktu-waktu anda tidak menggunakannya lagi sebagai RAM dan ingin mengembalikannya seperti semula itu boleh saja.
*Jangan cabut Flashdisk tsb bila PC/Laptop masih dalam keadaan hidup, karena dapat mengakibatkab PC/Laptop anda Crash.

^^ Selamat Mencoba & Semoga Bermanfaat^^

Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar